Langsung ke konten utama

PAMERAN KARYA SENI RUPA


KARYA SENI 2 DIMENSI


1. SENI LUKISAN

"Three Musicians"
Pablo Picasso
Cat Minyak (1921)
Kubisme
200.7 cm x 222.9 cm

Lukisan ini menggambarkan 3 musisi, yaitu Harlequinn, Pierrot, dan Monk, yang oleh pengamat kesenian Picasso dipercayai sebagai representasi Guillaume Apollinaire dan Max Jacob yang merupakan teman dekat Picasso pada 1910. Apollinaire meninggal karena flu Spanyol pada tahun 1918 dan Max memutuskan untuk menjadi biarawan.


2. SENI FOTOGRAFI

"Iran, City of Qum"
Jean Gaumy
Fotografi (1986)

Pelayat di sekitar peti mati FAZOLLAH MAHALLITI, dan 12 korban lainnya dari kecelakaan pesawat baru-baru ini. Pesawat itu ditembak jatuh oleh pesawat Irak saat perang antara kedua negara. Pelayat di sekitar peti mati FAZOLLAH MAHALLITI, dan 12 korban lainnya dari kecelakaan pesawat baru-baru ini. Pesawat itu ditembak jatuh oleh pesawat Irak saat perang antara kedua negara.


3. SENI KALIGRAFI

"SHARK"
Mahmoud El Sayed
Kaligrafi (2017)

Kaligrafi ini memuat kata hiu dalam bahasa Arab yang oleh Mahmoud ditulis sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk dari makna aslinya. Mahmoud adalah seorang digital artist yang tertarik dalam manipulasi kata dan membuat karya tersebut sebagai salah satu tantangan. Kaligrafi tersebut adalah salah satu dari 40 karyanya yang bertema sama.


4. SENI POSTER

"CINTAI BUMIMU, JAGA LINGKUNGAN SEKOLAHMU"
Laila Noor Hidayah
Poster Pendidikan (2015)



Poster ini memuat himbauan kepada para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya, sebagai bagian dari upaya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masyarakat supaya nyaman untuk ditinggali bersama. Poster ini dibuat dalam rangka meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kebersihan. Poster ini menggunakan warna cerah dan penggambaran karakter yang imut nan sederhana, yang cocok sekali untuk memikat perhatian siswa SD.


5. SENI RELIEF


"Kamadhatu"

Candi Borobudur
Dinasti Syailendra (750 M)

Relief Kamadhatu terdapat pada bagian kaki candi Borobudur. Relief ini mewakili dunia manusia dan menggambarkan perilaku manusia yang masih terikat dengan nafsu duniawi. Hal ini terlihat pada 160 panel relief Karmawibhangga yang menggambarkan hukum sebab akibat. Relief Kamadhatu adalah sebagian dari 1460 panel relief cerita yang disusun 11 deretan mengitari candi.

Komentar